Kembangkan
Iklan Berkarakter di TVh
Oleh Ahmad Fikri Sabiq
Dunia pendidikan di negeri ini sedang gencarnya membahas tentang
kurikulum berbasis karakter yang rencana mulai diterapkan tahun ini. Dan ini
seharusnya diimbangi dengan hal-hal yang ada di lingkungan kita.
Salah satunya yaitu iklan di TV. Penulis tertarik
dengan iklan salah satu produk rokok yang muncul sekitar tahun 2009an. Seorang
pemuda yang sedang berada di dalam kereta api.
Ketika sedang duduk menikmati perjalanan,
tiba-tiba ada seorang nenek yang sudah tua hendak mencari tempat duduk yang
masih kosong, dan pada waktu itu semua bangku kereta sudah diduduki oleh
penumpang.
Berbagai reaksi dilakukan penumpang untuk
mempertahankan tempat duduknya, dari pura-pura tidak tahu akan datangnya
seorang nenek tersebut, sampai sok sibuk mencari kesibukan yang menjadikannya
pantas untuk tidak mempersilahkan si nenek duduk.
Kemudian, dengan rasa hormat kepada si nenek,
pemuda tersebut mempersilahkan si nenek untuk duduk di bangkunya, dan dia
merelakan dirinya untuk berdiri. Sikap terpuji inilah yang seharusnya dimiliki
oleh masing-masing insan.
Dari iklan rokok tersebut, penulis yakin
andaisaja semua iklan yang ditayangkan di TV memiliki nilai positif di
dalamnya, maka perilaku moral anak bangsa ini akan sedikit lebih baik. Dan ini
bisa menjadi masukan bagi pihak-pihak terkait yang peduli dengan dekadensi
moral pemuda saat ini.
0 komentar:
Posting Komentar